Trik Menambah Tinggi Badan untuk segala Usia, secara Alami!!!

| | 2 komentar

Kita pastinya sudah pernah bahkan sering dihujani teori kalau “tinggi badan tidak bisa diganggu gugat setelah umur kita 20 tahun, apalagi kalo tingginya dari keturunan”. Namun kenyataannya, kita bisa menambah tinggi badan walaupun umur kita 23 tahun, bahkan 30 tahun. Rata-rata orang, tanpa memandang berapa tingginya sekarang, memiliki potensi untuk tumbuh 5 cm, 10 cm, hingga lebih. Anda pun dapat menambah tinggi badan, nggak peduli berapa usia Anda sekarang.

Hal ini karena ada bagian dari tulang belakang kita, yang disebut lempeng spinal, yang tidak akan pernah menyatu permanen satu sama lain bahkan setelah pubertas. Lempeng spinal ini bisa “ditarik” dan diperpanjang dengan beberapa gerakan senam dan olahraga sehingga menambah tinggi badan kita. Kolom spinal ini dapat menyumbang tinggi badan kita hingga 40 persennya dari total tinggi badan kita. Tanpa senam stretching yang rutin, lempeng spinal yang sangat berharga ini dapat kehilangan elastisitasnya dan menjadi kaku, hasilnya ya adalah “susah tinggi” .

Gerakan “tarik-tarikan” ini, alias stretching, akan dijelaskan kemudian. Tapi intinya, ada 3 basic utama yang harus dipenuhi sekaligus oleh siapapun yang ingin menambah tinggi badan :

Basic 1 : Hormon Pertumbuhan 
Hormon pertumbuhan, atau Growth Hormone sangat penting untuk proses regenerasi sel. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar endokrin terutama tiroid, dialirkan ke darah dan ditujukan pada jaringan tertentu untuk menyokong pertumbuhannya. Di Barat, hormon pertumbuhan disuntik ke darah untuk menambah tinggi badan atau sebagai anti-aging. Setelah kita dewasa, hormon pertumbuhan akan diproduksi lebih sedikit daripada ketika kita masih masa kecil atau remaja. Itulah kenapa, kita “berhenti tumbuh” setelah melewati kedua fase ini.

Tidur 8 jam dengan nyenyak adalah cara utama mengoptimalkan hormon pertumbuhan. Pada 2 – 3 jam pertama kita tidur nyenyak, saat itulah tubuh gencar-gencarnya memproduksi hormon pertumbuhan. Selain itu, selama tidur diusahakan tidur dengan terlentang (tidak menekuk tubuh). Olahraga intensitas sedang (lari sprint, bersepeda) juga adalah cara lain mengoptimalkan hormon pertumbuhan. Namun ada caution-nya : jangan makan atau minuman bergula tinggi segera setelah olahraga, karena akan malah memblokade hormon pertumbuhan (nanti dijelaskan).

Ada cara lain yang cukup unik untuk memicu produksi hormon ini : yakni memijat jempol tangan (bagian sidik jarinya). Ini adalah pijat refleksi—karena bagian ini langsung terhubung pada endokrin.

Basic 2 : Nutrisi 
Tahukah kenapa orang Asia kebanyakan pendek sedangkan orang Barat tinggi-tinggi? Salah satu sebabnya adalah DNA, dan itu tidak bisa diubah. Tapi salah duanya, karena faktor diet. Orang Barat bisa tinggi karena banyak makan sumber protein, seperti daging, susu, telur, dan tidak banyak karbohidrat. Di Eropa, Montenegro adalah penduduk dengan tinggi badan terbesar. Rata-rata wanita Montenegro berukuran 180 cm sedangkan prianya 190 cm. Memang mencengangkan, hampir 2 meter (tapi nggak bisa mengalahkan tinggi Nabi Musa yang konon 3,5 meter. Dan rahasianya? Montenegro banyak mengonsumsi yoghurt!!!

Orang Asia makan banyak sekali karbohidrat. Nasi, ubi, singkong, jagung adalah makanan pokok kebanyakan orang Asia. Karbohidrat sederhana pada keempat makanan itu, terutama nasi, akan cepat diubah menjadi gula dalam darah. Ketika kadar gula darah naik, kadar insulin pun akan meningkat. Kadar insulin yang tinggi akan menghalangi kinerja hormon pertumbuhan. Itulah kenapa kebanyakan orang Asia pendek.

Apabila Anda ingin menambah tinggi badan, kadar protein harus lebih diperbanyak daripada karbohidrat. Protein akan menjaga kadar insulin dalam darah tetap rendah. Perbanyak makan daging, susu, telur. Bila Anda ingin karbohidrat, usahakan karbohidrat kompleks yang tidak cepat menaikkan kadar gula darah, seperti beras merah. Sebaiknya Anda fokus melakukan diet ketosis atau diet Atkins, khusus untuk menambah tinggi badan, setidaknya 1 – 2 minggu. (Diet ketosis atau Atkins = diet tinggi protein dan rendah karbohidrat).

Sebagai sampingan, Anda harus menjauhi zat-zat inhibitor kalsium, yaitu garam, alkohol, dan juga harus menjauhi rokok. Diusahakan juga mengurangi konsumsi MSG karena MSG secara tidak langsung memicu kinerja insulin tinggi.

Basic 3 : Stretching 
Nah, sekarang kita telah memasuki tahap yang paling penting dari semua : yaitu olahraga. Olahraga yang diperlukan untuk menambah tinggi badan adalah gerakan berbasis “stretching”. Kalau Anda ingin menambah tinggi, di Indonesia sudah tersedia banyak alat bantu olahraga untuk “menarik-narik” ini. Anda bisa ke tempat fitness untuk menggunakannya. Olahraga seperti menendang, lari (bukan jogging), berenang, lompat tali, dan bersepeda dapat menambah tinggi badan. Bersepeda dengan sadel tinggi sejauh 18 mil setiap hari dapat meningkatkan panjang tulang belakang sebanyak 2,5 cm setiap 2 minggu.

Berat juga, sih. Tapi jangan cemas, karena beberapa senam sederhana yang berbasis stretching ini dapat dilakukan dengan mudah, gratis, dan tidak menghabiskan tempat.
Sayangnya, saya ngga sempet, temen-temen pembaca, untuk memuat gerakan stretching di halaman blog ini…tapi saya punya solusi. Kebetulan, di suatu situs, ada ebook gratisan tentang 30+ gerakan senam yang bisa menambah tinggi badan. Bila Anda ingin mendownloadnya Klik Disini 

Anda hanya harus mengklik file .zip di sana (increase_your_height.zip) lalu save file dan jreng-jreeeng…..ebook ini jadi milik Anda mutlak. Saran saya, cepatlah download selagi bisa. Ebook ini aslinya dijual seharga 75 – 175 Dolar!!! Saya nggak bercanda! Tapi di situs ini gratis 100%, Anda nggak perlu keluar duit sesenpun untuk beli ebook ini. Karena itu, buruan download sebelum nanti diremove ama websitenya!!

Sumber : http://halfscience999.wordpress.com

2 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih banyak, tapi ykin neh bisa nambah tinggi?

Anonim mengatakan...

taraaaaarrrraaaaaaangkiyuuuu gan......hoho

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com